Fintech Ini Siap Bantu Nasabah yang Tidak Bankable Mengakses Pinjaman

Fintech Ini Siap Bantu Nasabah yang Tidak Bankable Mengakses Pinjaman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perusahaan fintech yang memberikan pinjaman modal tanpa prosedur ribet kini terus bermunculkan.

Salah satunya Fineoz, startup fintech di bisnis pembiayaan. Perusahaan yang teregistrasi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor S-279/MS.72/2019 ini mengumumkan peluncuran produk kolaborasi penilaian risiko kredit baru yang diberi nama IdAlternative Score bersama Pefindo Biro Kredit.

Kerjasama pengembangkan produk tersebut telah dilakukan sejak empat bulan lalu dan siap menyediakan layanan jasa keuangan di Indonesia.

CEO dan Founder Fineoz Anis Radianis mengatakan, saat ini jasa keuangan Indonesia hanya dapat melakukan proses credit scoring pada debitur yang sudah memiliki riwayat kredit atau banked customers.

Sementara, masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan akses pinjaman tanpa adanya riwayat kredit atau unbanked customers kesulitan mengakses pinjaman.

“Inilah alasan dibalik sulitnya unbanked customers dalam mendapatkan akses pinjaman dari instansi perbankan di Indonesia, dimana Fineoz mampu membantu memberikan solusi guna memungkinkan unbanked customers untuk mendapatkan akses pinjaman,” ujar Anis Radianis dalam keterangan pers tertulis kepada Tribunnews, Jumat (24/4/2020).

Anis menjelaskan, unbanked customers di Indonesia sudah mencapai lebih dari 100 juta orang atau hampir mencapai 60 persen dari potensi calon debitur.

Masalah utamanya terletak pada minimnya informasi dan data calon debitur, yang menyebabkan instansi keuangan untuk menolak aplikasi pinjaman. Akibatnya, instansi keuangan Indonesia mengalami kesulitan dalam memperluas jangkauan calon debitur baru.

“Dengan adanya isu keterbatasan jangkauan calon debitur, IdAlternative Score memberikan solusi untuk masalah ini,” jelasnya.

Teknologi dari Fineoz akanmemproses penilaian risiko kredit dengan menggunakan data non-kredit. Informasi calon debitur akan diterima langsung melalui saluran digital dari data instansi pemerintah, institusi public dan data organisasi.

Dengan memanfaatkan produk ini, instansi keuangan dapat dengan mudah memperluas ruang lingkup calon debitur dan dapat mengjangkau masyarakat tanpa harus memiliki riwayat kredit sebelumnya.

“Bagi unbanked people, data alternatif ini akan menjadi sumber data utama dalam penilaian kredit. Dalam beberapa bulan kedepan, database produk ini akan dilengkapi dengan memanfaatkan data alternatif lainnya, seperti data telekomunikasi dan juga data utilitas,” jelasnya.

Di sisi lain, instansi keuangan akan menerima data alternatif sebagai sumber tambahan dalam memperkuat penilaian kredit nasabah bagi masyarakat yang telah memiliki riwayat kredit dan meningkatkan akurasi profil.

Dengan peluncuran produk ini, Fineoz berharap agar terus berkolaborasi dengan Pefindo Biro Kredit guna mencari solusi dalam mengembangkan layanan credit scoring dan berperan dalam perekonomian Indonesia.

“Ini merupakan era baru bagi dunia perkreditan di Indonesia, khususnya dalam penilaian risiko kredit, dimana kami dapat mengjangkau calon pinjaman dari unbanked customers di indonesia dengan teknologi kami,” tuturnya.

Hadirnya IdAlternative Scorr juga bisa berkontribusi dalam penyediaan pinjaman yang bertanggung jawab dalam mengelola risiko kredit unbanked customers.

Masyarakat yang tidak memiliki riwayat kredit dapat memiliki lebih banyak kesempatan dalam mendapatkan pinjaman dan memiliki kesepatakan yang lebih baik dengan instansi perbankan di Indonesia.

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/04/26/fintech-ini-siap-bantu-nasabah-yang-tidak-bankable-mengakses-pinjaman?page=2

Back to Top
Bitnami