Fineoz Memperluas Calon Debitur dengan IdAlternativeScore PEFINDO BIRO KREDIT

Fineoz Memperluas Calon Debitur dengan IdAlternativeScore PEFINDO BIRO KREDIT

Jakarta, 24 April 2020 – Fineoz, sebagai satu perusahaan Fintech di Indonesia yang telah tercatat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor S-279/MS.72/2019, mengumumkan peluncuran produk penilaian risiko kredit baru bernama IdAlternative Score dari PEFINDO Biro Kredit pada hari Kamis, 23 April 2020. Fineoz, sebagai pelopor penilaian resiko kredit berbasis Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) di Indonesia, bersama dengan PEFINDO Biro Kredit, sebuah pelopor biro kredit swasta di Indonesia, telah mengembangkan produk ini selama empat bulan. Produk baru ini, IdAlternative Score, sudah siap diberlakukan pada lembaga jasa keuangan di Indonesia.

Saat ini, jasa keuangan Indonesia hanya dapat melakukan proses credit scoring pada debitur yang sudah memiliki riwayat kredit. Hal ini disebut dengan “banked customers”. Sementara itu, masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan akses pinjaman tanpa adanya riwayat kredit atau disebut dengan “unbanked customers” kesulitan untuk memperoleh layanan kredit. Inilah alasan dibalik sulitnya unbanked customers dalam mendapatkan akses pinjaman dari instansi perbankan di Indonesia, dimana Fineoz mampu membantu memberikan solusi guna memungkinkan unbanked customers untuk mendapatkan akses pinjaman.

Anis Radianis menyatakan bahwa unbanked customers di Indonesia sudah mencapai lebih dari 100 juta orang atau hampir mencapai 60% dari potensi calon debitur. Masalah utamanya terletak pada minimnya informasi dan data calon debitur, yang menyebabkan instansi keuangan untuk menolak aplikasi pinjaman. Akibatnya, instansi keuangan Indonesia mengalami kesulitan dalam memperluas jangkauan calon debitur baru.

Dengan adanya isu keterbatasan jangkauan calon debitur, IdAlternative Score memberikan solusi untuk masalah ini. Dengan memanfaatkan teknologi dari Fineoz, produk sinergi ini menggunakan data non-kredit dalam memproses penilaian risiko kredit. Informasi calon debitur akan diterima langsung melalui saluran digital dari data instansi pemerintah, institusi public dan data organisasi. Dengan memanfaatkan produk ini, instansi keuangan dapat dengan mudah memperluas ruang lingkup calon debitur dan dapat mengjangkau masyarakat tanpa harus memiliki riwayat kredit sebelumnya.

Bagi unbanked people, data alternatif ini akan menjadi sumber data utama dalam penilaian kredit. Dalam beberapa bulan kedepan, database produk ini akan dilengkapi dengan memanfaatkan data alternatif lainnya, seperti data telekomunikasi dan juga data utilitas. Di sisi lain, instansi keuangan akan menerima data alternatif sebagai sumber tambahan dalam memperkuat penilaian kredit nasabah bagi masyarakat yang telah memiliki riwayat kredit dan meningkatkan akurasi profil.

Produk sinergi IdAlternative Score ini merupakan salah satu dari keberhasilan Fineoz dalam mendukung peningkatan inklusi keuangan nasional dengan memperkaya sumber data guna menjangkau lebih banyak calon debitur dan mencegah risiko kenaikan Non-Performing Loans (NPL) di lembaga jasa keuangan. Dengan peluncuran produk ini, Fineoz berharap agar terus berkolaborasi dengan PEFINDO Biro Kredit guna mencari solusi dalam mengembangkan layanan credit scoring dan berperan penting dalam perekonomian Indonesia.

Anis menjelaskan “Ini merupakan era baru bagi dunia perkreditan di Indonesia, khususnya dalam penilaian risiko kredit, dimana kami dapat mengjangkau calon pinjaman dari unbanked customers di indonesia dengan teknologi kami. Tujuan kami adalah untuk membantu perekonomian Indonesia agar tumbuh secara positif dengan memberikan praktik pinjaman yang bertanggung jawab dalam mengelola risiko kredit unbanked customers. Di samping itu, masyarakat yang tidak memiliki riwayat kredit dapat memiliki lebih banyak kesempatan dalam mendapatkan pinjaman dan memiliki kesepatakan yang lebih baik dengan instansi perbankan di Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PEFINDO Biro Kredit atas kepercayaan mereka terhadap teknologi kami dalam mencapai tujuan yang sama, yaitu melayani mereka yang belum memilki akses pinjaman.”

###

Back to Top
Bitnami