Optimalisasi Tanggung Jawab Fungsi Financing Support dengan Bantuan Metode Artificial Intelligence

Optimalisasi Tanggung Jawab Fungsi Financing Support dengan Bantuan Metode Artificial Intelligence

Perkembangan teknologi yang cukup pesat saat ini tidak dapat terhindarkan. Riset menyatakan bahwa 160 juta penduduk di Indonesia sudah bergantung kepada perkembangan teknologi digital maupun  media sosial. Hal ini memacu setiap perusahaan untuk mengembangkan maupun berinovasi. Dalam dunia perbankan salah satu posisi yang vital dalam proses perbankan adalah fungsi Financing Support yang terdiri antara lain Legal Financing dan Financing Administration.

Legal Financing yang membuat analisa Yuridis atas permintaan Account Officer terhadap dokumen legalitas dan agunan calon nasabah pembiayaan berbentuk usaha, dinamika kebenaran dokumen legalitas dapat dioptimalkan dengan adanya fungsi AI yang akan membantu dalam memverifikasi kebenaran masalah.

Begitupun dengan fungsi Financing Administration yang bertanggung jawab dalam melakukan pemeriksaan atas kelengkapan seluruh dokumen dan persyaratan yang disyaratkan oleh prosedur pembiayaan dan komite pembiayaan sebelum dilakukan pencairan hal ini dapat dioptimalkan dengan keberadaan AI yang akan memaksimalkan verifikasi tersebut dengan akurat hanya dengan waktu beberapa menit.

Dengan Teknologi Artificial Intelligence yang berbasis pada algoritma yang kompleks akan sangat membantu mengoptimalkan kedua fungsi tersebut dengan tidak menghilangkan jabatan legal maupun Financing administration sehingga keberadaan AI dapat memberikan nilai perusahaan dalam memenangkan kompetisi.  

Back to Top
Bitnami